Tentang Ilmu Komputer, Android, Panduan Blogging dan Tips di Internet.

Rekam Video Layar Android Tanpa Root dengan Mobizen

Dahulu telepon genggam memiliki fungsi utama yaitu berkomunikasi dengan orang di tempat berbeda secara lisan atau pun dengan mengirim sebuah pesan. Semakin lama teknologi telepon genggam semakin canggih, hingga saat ini kita mengenal smartphone yang memiliki banyak sekali fungsi mutakhir.

Jenis smartphone yang saat ini memiliki banyak pengguna adalah Android. Mungkin kamu telah sedikit banyak telah mengetahui fungsi dan kecanggihan Android. Bahkan beberapa orang sampai merasa enggan menggunakan Android karena dianggap terlalu canggih untuk dirinya. Memang benar, bagi orang yang tidak bisa memakainya, Android terlalu memiliki banyak fungsi melebihi kebutuhan.

Salah satu yang bisa dilakukan Android dan mungkin sudah tidak asing bagi kamu adalah mengambil gambar dari tampilan layar atau screenshot (Silakan baca Cara Mengambil Screenshot di HP Android). Nah, salah satu kecanggihan Android yang belum diketahui semua orang adalah merekam video dari aktivitas layar Android. Dua fungsi tadi sama-sama berguna untuk menunjukan tampilan layar, namun merekam video layar android memiliki manfaat yang lebih luas.

Rekam Video Layar Android

Rekam Video Layar Android

Apa tujuan seseorang merekam video dari tampilan aktivitas layar Android? Yang telah banyak dilakukan orang adalah merekam video aktivitas layar Android untuk berbagi kegiatan yang mereka lakukan pada gadget yang dimilikinya. Biasanya mereka sekedar merekam langkah-langkah dalam menjalankan kegiatan tertentu kemudian ditunjukan sebagai tutorial kepada orang yang membutuhkan. Tentu saja hal ini sangat bermanfaat ketika ada orang yang kesulitan saat menggunakan android kemudian kita mengajari mereka melalui rekaman video aktivitas layar Android.

Ini merupakan salah satu manfaat dari rekaman video aktivitas layar Android. Untuk selebihnya kalian pasti punya beragam tujuan lain saat melakukan screen record. Untuk cara merekam video layar android sendiri, bagaimana?

Pada Google Play Store telah terhampar berbagai aplikasi untuk melakukan rekam layar Android. Namun sobat harus bisa melihat sebuah perbedaan pada aplikasi-aplikasi tersebut. Sebagian diantara aplikasi ini hanya bisa digunakan pada Android yang telah melakukan Root. Sedangkan sebagian lagi bisa digunakan pada Android yang belum melakukan Root. Dan untuk kesempatan kali ini saya akan membahas bagaimana cara rekam video layar Android yang belum melakukan root.

Beberapa aplikasi yang bisa digunakan pada perangkat yang belum root diantaranya AZ Screen Recorder, Free Screen Recorder no Root, No-Root Screen Recorder to Video dan sebagainya. Namun aplikasi yang membuat saya langsung nyaman saat pertama kali mencobanya adalah Mobizen dan kali ini saya akan membahasnya.

Rekam Video Layar Android Tanpa Root dengan Mobizen

Hal pertama yang harus sobat pahami adalah tidak semua jenis Handphone dan versi Android support untuk aplikasi ini. Aplikasi ini sukses pada Asus Zenfone Go, dan sepertinya support untuk versi Android Jellybean ke atas.

  • Pertama bukalah Google Play Store kemudian cari aplikasi Mobizen dari RSUPPORT Co Ltd. Saat ini aplikasi tersebut bernama "Perekam Layar Mobizen". Kemudian download dan pasang aplikasi tersebut.
  • Setelah aplikasi terpasang, silakan buka aplikasi tersebut. Kemudian akan muncul ikon Mobizen di sisi layar ponsel yang leluasa bisa sobat pindahkan posisinya ke bagian paling nyaman.

Perekam Layar Mobizen

  • Klik ikon tersebut kemudian akan muncul 3 ikon lain di sekitarnya. Untuk melakukan rekam video layar Android, sobat pilih ikon video recorder (yaitu ikon paling atas pada screenshot).
  • Kemudian mobizen akan menghitung mundur dan selanjutnya langsung merekam layar Android sobat.
  • Ketika melakukan perekaman layar, akan muncul notifikasi Mobizen pada status bar Android. Sobat bisa menghentikan perekaman pada notifikasi tersebut.
  • Setelah perekaman sobat hentikan, mobizen akan langsung menyimpan video rekaman itu dan muncul pop-up yang meminta tindakan sobat. Silakan sobat bisa memilih beberapa tindakan yaitu menutup pop-up, mengahapus rekaman, atau menonton rekaman.
  • Jika pop-up tersebut tidak muncul, untuk melihat rekaman yang telah dibuat sobat bisa membuka menu Mobizen (yaitu ikon yang tengah pada screenshot). Pada menu ini sobat bisa melakukan pengeditan pada video rekaman yang telah dibuat. Pada file manager sendiri secara default rekaman tersebut akan tersimpan pada Penyimpanan Internal - Mobizen.
  • Pada menu Mobizen juga sobat bisa melakukan beberapa setelan seperti resolusi, kualitas dan FPS video, record audio on/off, touch gesture on/off dan lain-lain.
OK, cukup sekian saja pembahasan singkat mengenai cara rekam video layar Android menggunakan aplikasi Mobizen. Untuk selebihnya silakan sobat kreasikan sendiri. Semoga pembahasan ini bermanfaat..

Artikel terkait : Rekam Video Layar Android Tanpa Root dengan Mobizen

Artikel Blog Regi Brader Lainnya :

1 komentar:

Copyright © 2013-2016 Blog Regi Brader - All Right Reserved