Tentang Ilmu Komputer, Android, Panduan Blogging dan Tips di Internet.

Hal Yang Perlu Dilakukan Setelah Beralih ke Custom Domain

Custom domain merupakan domain pribadi yang bisa kita dapatkan umumnya dengan cara membeli dan bisa gunakan untuk mengalihkan domain gratisan menjadi top level domain. Domain gratisan seperti .blogspot bisa kita ubah menjadi top level domain seperti .com, .net, .id dan sebagainya. Untuk blog baru dan langsung diubah menjadi custom domain tidak akan menjumpai masalah yang terlalu berat. Namun untuk blog yang sudah lama dan memiliki trafik dan reputasi yang baik, jika dialihkan ke custom domain akan merasakan beberapa dampak yang akan cukup membuat kita panik.

Dampak yang ditimbulkan hanya bersifat sementara jika kita bisa sigap dalam mengatasinya. Banyak sobat Blogger lain yang merasakan dampak dari dialihkannya blog gratisan ke custom domain terutama dari segi trafik pengunjung. Saya sendiri tidak terlalu merasakan dampak tersebut, namun tetap saja melakukan beberapa setelan setelah mengubah domain blogspot ke top level domain.

Beralih ke Custom Domain

Bagi sobat yang telah mengalihkan bogspot ke custom domain, entah blog yang sobat baru atau berumur lama, entah merasakan beberapa dampak atau tidak, saya sarankan sobat tetap melakukan beberapa setelan yang akan saya bahas kali ini. Namun sebelumnya kita ulas dahulu sedikit mengenai dampak yang biasa dirasakan sobat Blogger setelah mengalihkan blog gratisan ke custom domain.

Dampak Setelah Beralih ke Custom Domain

Trafik pengunjung menurun

Kita akan kehilangan cukup banyak trafik pengunjung karena trafik blog yang biasa bersumber dari Google kini sedang dalam proses redirect 301 oleh blogspot ke custom domain. Url lama sedang dalam proses perubahan dengan url baru yang mengarah ke custom domain dan hal ini memerlukan waktu yang cukup lama. Dengan melakukan beberapa setelan, kita bisa membantu mempercepat proses tersebut sehingga trafik di blog yang kini sudah custom domain cepat pulih kembali.

Alexa rank membengkak

Custom domain yang baru dibuat tidak akan terindex oleh alexa sehingga keadaannya akan seperti blog baru. Nilai alexa rank akan menurun tajam bahkan tidak memiliki rangking sama sekali seperti halnya saat pertama kita membuat blog. Namun jangan khawatir, karena blog kita sebelumnya telah memiliki reputasi, nilai alexa rank akan pulih kembali seiring dengan proses indeks custom domain oleh Google.

Kecepatan index Google melambat

Setelah beralih ke custom domain kemudian kita melakukan update artikel, kecepatan indeks sangat terasa lebih lambat dibandingkan dengan sebelumnya. Hal ini disebabkan karena bot mesin pencari terlebih dahulu akan mengindeks semua artikel yang ada sebelumnya, karena memang ada perubahan url pada setiap artikel tersebut. Jika semua artikel telah terindeks, maka kecepatan indeks artikel baru akan kembali pulih.

Hal Yang Perlu Dilakukan Setelah Beralih ke Custom Domain

Dengan melihat dampak dari beralih ke custom domain, semuanya tidak lain adalah karena disebabkan oleh berbagai proses yang terjadi saat pengalihan blogspot ke custom domain. Kita dapat membantu proses tersebut dengan melakukan hal-hal berikut.

Update Posting

Dengan sering membuat artikel baru selama proses pengalihan blogspot ke custom domain, sobat dapat membantu mempercepat proses tersebut. Agar reputasi blog kita kembali pulih dan trafik pengunjung kembali stabil, proses indeks mesin pencari di blog kita harus dipercepat. Dengan sering melakukan update posting maka otomatis akan membuat bot mesin pencari juga sering melakukan crawl di blog kita.

Kembali mendaftarkan blog ke Google Webmaster Tools

Google webamter tools adalah alat yang disediakan oleh google yang berfungsi agar para pemilik website dapat memantau perkembangan dan kondosi website / blog. Selain para pemilik blog, Google pun ikut memantau webiste kita dari Webmaster tools. Sehingga jiga sobat telah mendaftarkan blog yang lama (.blogspot), maka setelah beralih ke custom domain pun perlu untuk mendaftarkan ulang ke Google Webmaster Tools.

Kembali submit Sitemap untuk domain yang baru

Setelah mendaftarkan ulang custom domain ke Google Webmaster Tools, jangan lupa untuk submit sitemap yang dilakukan di halaman Google Webmaster Tools juga. Dengan submit sitemap inilah akan mempermudah Google dalam mengindeks seluruh konten di dalam Blog, dan selanjutnya mengindeks posting yang baru dibuat.

Mengalihkan domain di Google Webmaster Tools

Setelah sobat mendaftarkan custom domain baru di Google Webmaster Tools, maka kini ada dua domain yang kita anggap sama. Yaitu misalnya namadomain.blogspot.com dan namadomain.com . Sobat harus mengaitkan / mengalihkan domain blogspot ke custom domain di Google Webmaster Tools. Silakan ikuti langkah-langkah berikut:
  • Masuklah ke halaman Google Webmaster Tools.
  • Coba perhatikan saat ini terdapat properti dengan domain kita anggap sama. Klik pada properti domain yang masih .blogspot .
Mengalihkan blogspot ke custom domain
  • Setelah terbuka halaman Webmaster untuk domain yang masih blogspot, perhatikan di bagian sudut kanan atas. Klik ikon Roda Gigi dan masuk ke menu Perubahan Alamat.
  • Di sini sobat bisa mengalihkan properti sebagai tanda bahwa kita memang benar-benar telah mengalihkan domain blogspot ke custom domain. Silakan lengkapi semua tahapnya sehingga muncul tanda centang di semua bagian.
Mengalihkan blogspot ke custom domain

Kembali mendaftarkan blog ke Google Analytics

Dengan Google Analytics kita telah mendapatkan banyak informasi terutama mengenai statistik trafik pengunjung di blogspot lama kita. Kita juga perlu mendaftarkan custom domaan yang baru ke Google analytics agar mendapat fasilitas tersebut. Selain itu, dengan menaruh kode tracker google analytics di dalam blog, akan berpengaruh baik pada visibilitas blog di mata robot mesin pencari.

Mengubah url feeds di Google Feedburner

Dalam mengoptimalkan feed RSS (umpan web) di Blog selama ini kita menggunakan jasa situs dari Google yaitu Feedburner. Yang saya rasakan laju indeks blog saya menjadi cepat setelah umpan web di tangani oleh Google Feedburner. Selain itu, dengan ini kita bisa mendapatkan pembaca berlangganan. Jika sobat telah menggunakan google feedburner, maka untuk membuatnya tetap stabil setelah blogspot berlalih ke custom domain, maka url feedburner harus kita ubah.
  • Silakan buka halaman Google Feedburner.
  • Kemudian masuk ke halaman feed blog yang telah sobat ubah ke custom domain.
  • Selanjutnya klik Edit Feed Detail dan ubah url feeds yang berada di kolom "Original Feed"
url feedburner

Mendaftarkan domain yang Baru  ke Alexa

Alexa.com memberikan ranking (versi alexa) pada website berdasarkan reputasi dan arus trafik pengunjung. Ranking dari Alexa ini sudah dijadikan suatu tolak ukur oleh semua kalangan dalam menilai suatu website. Selain dilihat dari segi reputasi blog juga dengan mendaftarkan blog ke alexa.com dapat merampingkan alexa rank. Karena custom domain yang kita miliki akan dianggap sebagai blog baru, maka setelah mengalihkan blogspot ke custom domain kita perlu mendaftarkan ke Alexa. Silakan baca bagaimana cara mendaftarkan Blog ke Alexa.com .

Artikel terkait : Hal Yang Perlu Dilakukan Setelah Beralih ke Custom Domain

Artikel Blog Regi Brader Lainnya :

7 komentar:

  1. Gan, sebelumnya saya belum gunakanurl feeds di Google Feedburner. Setelah custom domain pengaruh gak jika saya baru daftarkan disana ?

    http://www.blogkopinet.web.id (baru custom gan) silakan hapus kalau mnyalahi TOS

    Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak apa-apa sob, silakan daftarkan ke Google Feedburner

      Delete
  2. Oke sob, orang baru perlu bimbingan teman2 smua.

    ReplyDelete
  3. Terimakasih gan Infonya saya baru ganti domain tpi masih bingung trus harus ngapain.

    Zerone Blog

    ReplyDelete
  4. Tanya gan pada langkah 'Mengalihkan domain di Google Webmaster Tools' ini dilewati bisa tidak soalnya saya waktu pertama buat blog langsung custom domain sekalian jadi gak sempat buat gwt nya buat yang blogspot

    ReplyDelete

Copyright © 2013-2016 Blog Regi Brader - All Right Reserved