Tentang Ilmu Komputer, Android, Panduan Blogging dan Tips di Internet.

Perbedaan Akun Google Adsense Hosted dan Non Hosted

Saat ini masih ada beberapa kalangan yang dibuat bingung dengan Akun Google Adsense yang dibagi menjadi dua jenis, yaitu akun hosted dan akun non hosted. Mungkin istilah ini sudah tidak asing lagi di telinga sobat, namun mungkin juga ada beberapa orang yang baru mendengarnya. Orang-orang yang sudah berkecimpung di adsense saja masih ada yang dibuat bingung apalagi orang-orang yang baru berniat untuk bergabung di dalamnya. Maka terlebih dahulu saya ingin sedikit mengulas apa itu Google Adsense.

Google Adsense merupakan program iklan Pay Per Click yang paling diminati oleh semua kalangan Blogger. Banyak orang yang tergiur dengan penghasilan Google Adsense yang menjanjikan. Untuk dapat menghasilkan uang dari Google Adsense, kita harus memiliki sebuah web / blog dengan persyaratan dan kebijakan dari Google Adsense, kemudian bergabung untuk menjadi publisher dan menampilkan iklan adsense di web / blog tersebut.

Sudah cukup lama Google Adsense ini dibagi menjadi dua jenis, yaitu akun hosted dan non hosted. Bahkan sampai saat ini masih ada yang merasa bingung dibuatnya, apalagi waktu pertama kali google adsense dibagi dua jenis. Sebenarnya apa perbedaan dari dua jenis akun ini? Perbedaan secara garis besarnya adalah Google Adsense Hosted adalah akun yang digunakan untuk situs mitra host google, sedangkan akun non hosted digunakan untuk domain pribadi.

Google Adsense Hosted dan Non Hosted

Masih bingung dengan perbedaan secara garis besarnya? Mari kita coba bahas perbedaan dari dua jenis akun ini secara lebih rinci.

Perbedaan Akun Google Adsense Hosted dan Non Hosted

Cara Pendaftaran

Saat kita mendaftarkan blog dengan domain Blogspot atau akun youtube menjadi publisher Google Adsense, kita akan mendapatkan akun Google Adsense dengan jenis hosted. Sedangkan jika kita mendaftarkan blog dengan domain pribadi atau custom domain, maka kita akan mendapatkan akun Google Adsense dengan jenis Non-Hosted.

Untuk cara daftar sendiri, saat kita ingin akun Google Adsense yang hosted, kita bisa mendaftar melalui halaman Blogger atau Yotube. Sedangkan saat ingin memiliki akun Non Hosted, saat mendaftar harus lengsung melalui halaman http://www.google.com/adsense. Untuk lebih lengkapnya silakan baca artikel tentang Cara Mendaftarkan Blog ke Google Adsense.

Persetujuan Google Adsense

Setelah mendaftarkan blog ke Google Adsense, kita akan melewati proses persetujuan dengan cara pihak Google Adsense melakukan review pada Blog yang kita daftarkan. Akun Google Hosted lebih cepat ditanggapi baik itu merupakan persetujuan maupun penolakan. Jika blogspot yang kita miliki terlihat baik, maka cepat disetujui. Dan jika blogspot kita buruk, maka tidak akan lama-lama Adsense pasti menolak.

Sedangkan akun non-hosted yang menggunakan custom domain akan lebih lama dan teliti saat proses review. Sehingga tidak jarang akan membuat kita penasaran sekaligus gelisah. Berbeda dengan blogspot yang merupakan mitra host dari Google, custom domain akan dianggap seperti perusahaan lain yang ingin bergabung dengan bisnis yang ditawarkan Google. Sehingga akun non hosted akan lebih sungguh-sungguh saat dilakukan review.

Jika ditemukan kekurangan dari custom domain, google adsense akan terus mereview dan melakukan pertimbangan. Alasannya custom domain lebih disukai Google Adsense sebab terlihat seperti web yang serius, mandiri, dan profesional. Namun selain disukai, custom domain juga lebih rentan melakukan pelanggaran kebijakan dari Google Adsense. Sedangkan blogspot terbilang lebih ditoleransi saat melakukan sedikit pelanggaran sebab blogspot adalah mitra host google dan akan dianggap sebagai "anak perusahaan".

Penempatan Iklan

Karena satu akun google adsense dapat menampilkan iklan di lebih dari satu blog / web, maka setelah akun Google Adsense sobat disetujui dan telah aktif sepenuhnya, pastikan jenis apakah akun yang sobat miliki. Akun adsense hosted hanya dapat menampilkan iklan pada blogspot yang pertama didaftarkan dan situs lain yang masih satu produk dengan Google seperti Blogger / Blogspot dan Youtube. Sedangkan jika akun sobat non hosted, selain pada custom domain yang telah didaftarkan iklan adsense juga dapat di pasang di semua jenis domain. Baik itu custom domain yang lainnya maupun di situs mitra Google sendiri seperti blogspot dan youtube.

Perlu dimaklumi bahwa saat menempatkan iklan pada blog tambahan selain blog yang pertama didaftarkan, akan dilakukan beberapa review lagi pada blog baru tersebut. Kemudian jika sobat adalah pemilik akun hosted dan mengubah blog nya menjadi custom domain, maka iklan tidak bisa lagi ditampilkan pada blog tersebut. Sobat tidak bisa membuat akun adsense yang baru karena kebijakan dari Google bahwa satu orang pengguna hanya boleh mempunyai satu akun adsense. Yang bisa sobat lakukan adalah upgrade akun google adsense hosted menjadi non hosted.

Tentunya saat melakukan upgrade menjadi akun non hosted, akan kembali melewati proses review yang cukup lama. Namun jika diterima akun non hosted, sobat sangat beruntung karena akun ini adalah jenis yang paling diinginkan semua kalangan, karena dapat menampilkan iklan di berbagai jenis domain. Jika domain sobat masih .blogspot dan ingin mendapatkan akun adsense non hosted, maka silakan Ubah Blogspot menjadi Custom Domain.

Kesimpulan, Kelebihan dan kekurangan

Kesimpulan dari materi ini telah diuraikan sebelumnya bahwa akun google adsense hosted adalah untuk situs mitra host Google, sedangkan akun non hosted adalah untuk domain pribadi / custom domain.

Kelebihan pada akun hosted adalah cepat mendapat tanggapan saat pendaftaran, dan kelebihan dari akun non hosted adalah dapat menampilkan iklan di berbagai jenis domain.

Sedangkan kekurangan dari akun hosted adalah hanya bisa menempatkan iklan di situs mitra host Google, dan kekurangan dari akun non hosted adalah rentan melakukan pelanggaran, sehingga kita harus lebih berhati-hati.

Artikel terkait : Perbedaan Akun Google Adsense Hosted dan Non Hosted

Artikel Blog Regi Brader Lainnya :

0 komentar:

Post a Comment

Copyright © 2013-2016 Blog Regi Brader - All Right Reserved