Tentang Ilmu Komputer, Android, Panduan Blogging dan Tips di Internet.

Cara Aman Saat Mengganti Template Blog

Selain konten atau artikel yang bermanfaat, template juga merupakan faktor lain yang membuat pengunjung betah berlama-lama mencari informasi di halaman blog sobat. Maka saat memilih template, selain melihat dari tampilan dengan karakteristik yang paling cocok dengan diri kita, sobat juga harus melihat pada tampilan yang bersahabat dengan para calon pengunjung.

Bagi blog yang baru seumur jagung, kegiatan mengubah template adalah hal tidak akan menjadi masalah berarti. Tapi bagi blog yang sudah lama, memiliki reputasi yang baik dan telah mampu menarik banyak pengunjung per harinya, kegiatan mengganti template ini adalah hal yang perlu dilakukan dengan hati-hati. Karena jika terburu-buru dan salah langkah saat melakukannya, akan menyebabkan dampak buruk bagi kelangsungan blog sobat selanjutnya. Maka dari itu yang lebih baik adalah saat pertama kali blog dibuat mantapkanlah template yang sobat pilih dan jangan pernah diganti lagi di waktu mendatang.

Cara Aman Saat Mengganti Template Blog

"Rumput tetangga selalu terlihat lebih hijau" adalah sebuah istilah yang nyata semua orang pasti pernah merasakan hal ini. Jika sobat mengunjungi blog lain dan melihat template yang digunakan terasa memiliki tampilan yang lebih menarik dari blog sobat sendiri, kemudian sobat ingin mengganti dan menggunakan template blog itu, maka urungkan saja niat sobat itu. Alasan sobat ingin mengganti template ini benar-benar tidak penting. Tetaplah mencintai rumput yang kita miliki. Karena perasaan mengagumi tampilan blog lain adalah hal yang biasa dialami oleh kita termasuk saya sendiri, dan perasaan tersebut akan selalu ada.

Google telah mengenali setiap struktur template seperti navigasi, susunan konten, widget dsb dan menentukan bagian-bagian penting di dalam blog. Jika kita mengubah template pada blog yang sudah berumur lama, maka harus menerima resikonya yaitu google akan melakukan proses mengenali ulang susunan dan menetapkan bagian-bagian penting blog sobat, dan hal ini bukanlah proses yang singkat. Apalagi jika template baru yang akan digunakan tidak memiliki struktur yang lebih baik dari template lama, ini malah akan membuat SEO blog sobat lebih buruk.

Namun seiring dengan kemajuan zaman, berpengaruh pada desain template dengan fitur-fitur yang lebih mutakhir. Misalnya dengan ditemukannya smartphone, kini template telah di desain lebih bagus lagi dengan tampilan responsive. Hal ini tidak menjadi masalah bagi para web designer, karena mereka akan cepat belajar bagaimana cara mengubah template blog yang tadinya statis menjadi responsive. Namun berbeda dengan kita yang baru memiliki ilmu tanggung dalam masalah desain web, memaksa kita untuk mengganti template dengan yang memiliki fitur mobile friendly (responsive) agar bisa mengikuti kemajuan zaman.

Apabila tujuan sobat dalam mengganti template adalah untuk memperbaiki SEO, memperbaiki desain, meningkatkan pelayanan pada pengunjung (user experience), atau adanya keperluan yang mendesak, kemudian sobat telah yakin bahwa template yang baru memiliki struktur yang lebih baik dari pada yang lama, dan sobat akan berusaha untuk tidak mengganti template lagi di waktu mendatang, maka silakan lanjutkan niat sobat ini.

Sobat bisa membaca beberapa tips dari saya agar blog tetap aman setelah template diganti. Bahkan jika sobat dapat mengganti template dengan tepat dan cerdas, kemudian template baru memang memiliki struktur dan SEO yang lebih baik, bisa jadi reputasi, rangking dan trafik blog sobat akan meningkat.

Amankan setiap bagian yang penting

Silakan sobat ingat-ingat terlebih dahulu komponen penting apa yang pernah sobat terapkan pada blog. Kemudian amankan script-script komponen tersebut ke dalam notepad. Untuk menentukan komponen penting ini setiap orang memiliki kriteria masing-masing. Namun pada umumnya komponen-kompone penting ini terpasang di bagian <head>. Berikut adalah komponen yang jelas sangat penting yang tersimpan di bagian head.
  1. Kode verifikasi Google Webmaster Tools.
  2. Kode track Google Analytics
  3. Kode verifikasi Alexa
  4. Meta tag
  5. dan Title tag
  • Coba sobat amankan script antara kode <head> dan <b:skin>. Script ini bisa jadi mencakup script 5 poin di atas.

Untuk berjaga-jaga terjadinya kegagalan atau hal-hal lain yang tidak diinginkan, silakan amankan terlebih dahulu template yang saat ini digunakan.
  • Pada halaman Dashboard Blogger, silakan masuk ke menu Template kemudian klik Unduh Template Lengkap.

Cara Aman Saat Mengganti Template Blog

  • Setelah template lama diamankan, kemudian terapkan template baru dengan menelusuri file xml template baru dan klik Unggah.
Cara Aman Saat Mengganti Template Blog
  • Template blog sobat sudah berubah, kini silakan lihat hasilnya dengan langsung mengunjungi halaman blog.
  • Jika pergantian template terlihat cukup berhasil, maka lanjutkan.
  • Sepertinya akan ada beberapa tampilan widget yang berantakan. Sobat bisa membereskannya di menu Tata Letak.
  • Kemudian masukkan lah script-script komponen yang telah sobat amankan termasuk 5 poin yang saya berikan.
  • Untuk meta tag dan title tag, saya sarankan untuk tetap menggunakan dari template lama. Sobat bisa memasukan script antara kode <head> dan <b:skin> pada template lama yang sebelumnya sudah sobat amankan, kemudian ubah script antara kode <head> dan <b:skin> pada template baru.
  • Untuk melakukan hal ini, sobat harus berhati-hati. Sobat harus mengenali mana meta tag dan mana yang bukan meta tag. Karena script di daerah ini bisa jadi tidak semua merupakan meta tag. Jika pada template baru ditemukan script yang bukan meta tag, maka script tersebut jangan sampai terhapus.
  • Namun jika sobat rasa struktur meta dan titile tag dari template baru lebih baik, kemudian sobat merasa mampu untuk terus meningkatkan reputasi blog, maka tidak perlu memasukan meta dan titile tag dari template lama.
  • Lakukan kembali proses verifikasi di google webmaster tools, google analytics dan sebagainya untuk memastikan script-script verifikasi masih terdeteksi.
  • Kemudian terus bereskan blog sobat yang telah berganti template ini dan usahakan untuk membuat posting baru.
Jika reputasi, rangking, trafik pada blog sobat merosot dan dalam beberapa minggu tidak kunjung pulih juga, maka ada dua hal yang bisa sobat lakukan. Yaitu mengembalikan template ke yang pertama dengan mengupload file xml template lama yang sebelumnya telah diamankan. Atau sobat akan terus belajar dan berusaha untuk memulihkan keadaan blog sobat yang kini memakai template baru.

Artikel terkait : Cara Aman Saat Mengganti Template Blog

Artikel Blog Regi Brader Lainnya :

0 komentar:

Post a Comment

Copyright © 2013-2016 Blog Regi Brader - All Right Reserved