Tentang Ilmu Komputer, Android, Panduan Blogging dan Tips di Internet.

Kompres Gambar dengan Advanced JPEG Compressor

File gambar dengan ukuran byte yang besar memang menjanjikan kualitas yang baik. Namun seiring kebutuhan dan selera yang berbeda-beda, banyak orang yang lebih suka pada file gambar dengan ukuran byte yang kecil. Misalnya orang-orang yang aktif di dunia internet, seperti saat kegiatan upload gambar dalam form pada situs tertentu dengan ukuran gambar yang dibatasi. Atau saat pelampiran gambar dalam email dan upload gambar pada media sosial, mereka pasti memilih gambar dengan ukuran yang kecil agar proses upload selesai dengan cepat. Begitu juga bagi sobat-sobat yang aktif mengurus web dan Blog. Saat membubuhkan sebuah gambar pada blog untuk sekedar mempercantik tampilan, pasti akan lebih memilih gambar dengan ukuran yang kecil agar pemuatan halaman blog lebih cepat.

Advanced JPEG Compressor 2012

Alasan lain ketika orang lebih suka pada file gambar dengan ukuran yang kecil, mungkin dalam pandangan mereka menilai gambar ukuran besar dengan gambar ukuran kecil memiliki kualitas yang tidak jauh berbeda. Bahkan gambar dengan ukuran yang besar malah menimbulkan kerugian bagi mereka, yaitu mempersempit storage device mereka yang terbatas.

Untuk mengatasi masalah tersebut saya sudah membagikan cara memperkecil ukuran byte gambar tanpa mengurangi kualitas dengan Adobe Photoshop. Namun dengan cara tersebut hanya dapat memperkecil gambar secara satu persatu. Dan tidak jarang orang menginginkan proses memperkecil gambar secara serentak. Sehingga saya akan kembali membagikan cara memperkecil gambar namun dengan aplikasi yang berbeda, yaitu dengan Advanced JPEG Compressor. Dengan aplikasi ini selain dapat memperkecil tanpa mengurangi kualitas gambar, juga dapat memproses banyak gambar secara serentak.

Kompres Gambar dengan Advanced JPEG Compressor

Kompres gambar satu persatu

  • Buka aplikasi Advanced JPEG Compressor.
  • Klik menu file dan pilih open.
  • Silakan pilih gambar yang akan diperkecil ukurannya.
  • Kemudian tunggulah proses hingga selesai.
Perhatikan kedua gambar yang tampil di interfaces. Gambar yang sebelumnya berukuran 3,83 MB diperkecil hingga ukuran 364 KB. Dari kedua gambar tersebut tidak terlihat perbedaan dari segi kualitas, kecuali hanya sedikit sekali.

Kompres Gambar dengan Advanced JPEG Compressor
  • Sobat bisa menggunakan tools-tools yang ada di dalam aplikasi  Advanced JPEG Compressor untuk mengatur gambar agar hasilnya lebih sesuai dengan keinginan.
  • Setelah proses selesai, silakan kembali klik menu file dan pilih Save atau Save As.

Kompres gambar secara serentak

  • Buka aplikasi Advanced JPEG Compressor.
  • Klik menu file dan pilih Batch Processing.
  • Kemudian pilih gambar-gambar yang akan diperkecil ukuranya.
Kompres Gambar dengan Advanced JPEG Compressor
  • Akan muncul Batch option Wizard. Dua hal yang harus sobat perhatikan adalah saat memilih Destination Folder, dan opsi Profile pilih "Photo, large size source image" saja.
  • Setelah pengaturan Batch selesai, silakan klik OK dan biarkan proses berjalan.
Selesai, sobat bisa melihat hasil Kompres Gambar dengan Advanced JPEG Compressor pada destination folder yang telah ditentukan.

Artikel terkait : Kompres Gambar dengan Advanced JPEG Compressor

Artikel Blog Regi Brader Lainnya :

5 komentar:

  1. wah, mantap nih gan, izin sedot ya, baru tau ada software ini... Sekarang software udah macem2 ya gan... Cuman yg terkenal mah keluarga adobe, hehhe

    ReplyDelete
  2. mantab ne info nya...

    http://mebeljeparaminimalis.com/

    ReplyDelete
  3. Pengaturannya banyak sekali kayaknya ya mas, kalau saya sieh pakai yang simpel nama software-nya FastStoneResizer fungsinya sama bisa ubah size, ubah ukuran panjang lebar secara serentak juga :)


    Agen Resmi Foredi Herbal Oles Tahan Lama -> www.foredisurabaya.net

    ReplyDelete
  4. wah mantab banget nih gan thanks ya gan untuk infonya...

    ReplyDelete

Copyright © 2013-2016 Blog Regi Brader - All Right Reserved