Tentang Ilmu Komputer, Android, Panduan Blogging dan Tips di Internet.

Membuat Format Halaman Berbeda pada Satu Dokumen Microsoft Word

Kali ini saya akan membahas sebuah trik pada Microsoft Office Word yang mungkin sudah banyak orang yang telah mengetahuinya. Namun tidak sedikit juga orang yang belum tau. Maka mereka perlu mengetahuinya juga. Saat membuat dokumen pada Microsoft Office Word, kita bisa menyertakan nomor halaman  dengan tools page number. Adanya nomor halaman ini berfungsi untuk memberikan keterangan pada halaman sehingga pembaca dapat dengan mudah mencari informasi dari sebuah dokumen. Mungkin penjelasan tadi sedikit kurang jelas. Namun saya yakin sobat mengerti dengan apa yang saya maksud.

Microsoft Office Word

Pada beberapa karya tulis format halaman yang digunakan lebih dari satu. Contohnya pada sebuah kasus, bagian cover/jilid tidak menggunakan nomor halaman, bagian daftar isi dan kata pengantar menggunakan nomor halaman dengan format angka romawi, dan bagian BAB I dan seterusnya menggunakan nomor halaman dengan format angka standar.

Bagi orang yang belum mahir dengan Microsoft Word, dalam membuat dokumen seperti demikian akan dilakukan dengan membuat lebih dari satu file dokumen. Yang satu berisi cover, yang kedua berisi kata pengantar dan daftar isi, dan yang ketiga berisi BAB I sampai selesai. Padahal sebetulnya dalam membuat dokumen seperti ini, tidak perlu repot-repot seperti itu. Kita bisa membuatnya dalam satu file dokumen saja.

OK, tidak perlu basa-basi lagi. Kita langsung ke langkah-langkah Cara Membuat Format Halaman Berbeda pada satu dokumen Microsoft Word.

Buatlah karya tulis sampai selesai. Maka setelah itu kita menyertakan nomor pada halaman.

Membuat Format Halaman Berbeda pada Satu Dokumen Microsoft Word

  • Terapkanlah salah satu format nomor halaman. Contohnya format angka romawi.
Masuk ke menu Insert, pada group Header and Footer pilih Page Number. Kemudian pilih Format page number. Pada number format, pilih format angka romawi. Dan pada start at, pilih angka i, lalu klik OK.
Terakhir, pilihlah letak nomor halaman, baik itu Top of page, bottom of page dan lainya.

Membuat Format Halaman Berbeda pada satu dokumen Microsoft Word

Semua nomor halaman akan berformat angka romawi. Jika pada halaman tertentu akan dimulai kembali nomor halaman dengan format berbeda tanpa mengubah format nomor halaman sebelumnya, maka perlu dilakukan section breake.
  • Letakan kursor pada halaman yang akan dimulai kembali dengan format nomor halaman yang berbeda. Masuk ke menu Page Layout, klik menu dropdown Breaks dan pilih Next Page.
Membuat Format Halaman Berbeda pada satu dokumen Microsoft Word
  • Klik ganda pada bagian header atau footer untuk mengaktifkan Header and Footer Tools, masih dalam halaman yang sama. Pada menu Design, group Navigation, klik Link to Previous untuk mematikan Tools tersebut.
Membuat Format Halaman Berbeda pada satu dokumen Microsoft Word
  • Terakhir, masukanlah nomor halaman dengan format yang berbeda (contoh: format angka standar: 1, 2, 3,-...) dengan cara yang sama dengan langkah satu.
Maka dari mulai halaman ini sampai terkahir, format nomor halaman yang digunakan adalah angka standar. Dan pada halaman sebelumnya, format nomor halaman yang digunakan adalah angka romawi.

Artikel terkait : Membuat Format Halaman Berbeda pada Satu Dokumen Microsoft Word

Artikel Blog Regi Brader Lainnya :

3 komentar:

  1. thanks a lot for the info,, permit try yaa .... http://goo.gl/887fE0

    ReplyDelete
  2. Kalo mengosongkan nomor di halaman tertentu gmana ya??

    ReplyDelete
  3. sangat membantu skali, thanks buat ilmunyaa

    ReplyDelete

Copyright © 2013-2016 Blog Regi Brader - All Right Reserved