Tentang Ilmu Komputer, Android, Panduan Blogging dan Tips di Internet.

Mengendalikan Komputer Lain di Jaringan Internet Dengan TeamViewer

Beberapa waktu lalu saya memberi pembahasan tentang software yang berfungsi untuk mengendalikan komputer lain dalam sebuah jaringan yaitu Remote Administrator. Kali ini saya juga akan memberi pembahasan yang sama tentang software yang berfungsi untuk mengendalikan komputer lain, namun dalam jangkauan yang luas, yaitu pada jaringan internet.

Software tersebut adalah TeamViewer. Software ini banyak digunakan dan digemari orang-orang di seluruh dunia. Bagaimana tidak, selain jangkauan yang luas, ukuran file-nya juga ringan. Selain itu, penggunaan aplikasi ini juga sangat efektif dan cepat asalkan koneksi internet-nya stabil.

TeamViewer

Terdapat beberapa fungsi (tools) pada software Team Viewer ini. Namun kali ini saya hanya akan membahas tools Remote Control saja, yaitu fungsi untuk mengendalikan komputer lain. Dan tutorial yang akan saya berikan ini, saya lakukan pada TeamViewer versi 9. Mungkin tidak akan jauh berbeda dengan versi lainya. Bagi anda yang belum memiliki software ini, silakan langsung download pada situs resminya (klik disini) gratis. Hal ini juga merupakan salah satu alasan mengapa software ini banyak digemari.

Jika anda sudah mendownloadnya, silakan ikuti langkah-langkah penggunaannya berikut ini.

Mengendalikan Komputer Lain di Jaringan Internet Dengan TeamViewer.

  • Instalkan TeamViewer pada minimal dua komputer.
  • Untuk mengendalikan komputer lain, kita buka TeamViewer pada kedua komputer, dan masuk ke halaman Remote Control.
  • Disana terdapat bagian Allow Remote Control yang menampilkan ID dan Password yang berfungsi agar komputer lain dapat mengakses komputer kita dengan ID dan Password tersebut. Dan bagian Control Remote Computer untuk mulai mengendalikan komputer lain.
Mengendalikan Komputer Lain di Jaringan Internet Dengan TeamViewer
  • Persiapkan koneksi internet pada kedua komputer. Jika terdapat pesan "Ready to connect (secure connection)", berarti TeamViewer pada kedua komputer siap dijalankan.
  • Pada Komputer yang bertindak sebagai pengendali, masukan ID komputer yang akan dikendalikan pada kotak Partner ID di bagian Control Remote Computer.
  • Pilih Remote Control atau File Transfer? Pilih Remote Control saja agar pengendalian lebih menyeluruh. Selanjutnya klik Connect to partner.
  • Selanjutnya masukan Password komputer yang akan dikendalikan dan klik Log On.
  • Muncul jendela Team Viewer yang menampilkan Desktop komputer yang dikendalikan.
Mengendalikan Komputer Lain di Jaringan Internet Dengan TeamViewer

Maka anda bisa mulai mengendalikan komputer lain di jaringan internet dengan Team Viewer. Dengan Dilengkapi tools-tools tambahan dari Team Viewer.

Artikel terkait : Mengendalikan Komputer Lain di Jaringan Internet Dengan TeamViewer

Artikel Blog Regi Brader Lainnya :

1 komentar:

  1. PERTAMAX! :D wah keren ya bisa join ke komputer orang lain manapp! izin praktek kang!

    Salam kenal dari Blog Billy-Art ! ^_^

    ReplyDelete

Copyright © 2013-2016 Blog Regi Brader - All Right Reserved