Tentang Ilmu Komputer, Android, Panduan Blogging dan Tips di Internet.

Cek Kondisi Power Supply PC Dengan Cara Jumper

Power Supply merupakan komponen berupa hardware pada komputer yang berfungsi sebagai alat untuk mensuplai daya listrik ke seluruh komponen yang terdapat pada komputer. Tentunya tanpa Power Supply komputer tidak akan bisa menyala. Jika anda membeli Power Supply baru, maka anda perlu cek dahulu kondisi Power Supply tersebut, apakah berfungsi atau tidak. Atau jika anda menemui sebuah PC yang tidak mau menyala sama sekali, lalu ketika coba diperiksa dengan membuka casing CPU, dan terlihat kipas pada power supply tidak berputar sama sekali, maka yang pertama anda cek adalah kondisi power supply. Karena bisa jadi penyebab komputer tidak menyala sama sekali ini disebabkan oleh tidak berfungsinya power supply.

Cek Kondisi Power Supply PC

Salah satu cara Cek Kondisi Power Supply PC yang akan saya bagikan kali ini adalah Jumper. Cara jumper ini maksudnya adalah menghubungkan langsung bagian kabel plus (+) dengan kabel min (-) pada konektor menggunakan media apa pun yang dapat mengalirkan listrik. Terdapat banyak konektor pada power supply ini, yaitu konektor catu daya dan beberapa konektor yang tersambung pada CD-ROM dan Hardisk untuk mensuplai daya listrik pada perangkat tersebut, dan lain-lain. Dan Cara jumper untuk mengecek kondisi power supply ini dilakukan pada konektor catu daya. Konektor catu daya ini adalah konektor yang tersambung pada motherboard, fungsinya tentu untuk mensuplai daya listrik pada motherboard.

Power supply ini ada beberapa jenis. Pada power supply jenis ATX, konektor catu daya mempunyai 24 pin yang dibagi menjadi 2 bagian. Yang satu memiliki 20 pin, dan yang satu lagi memiliki 4 pin. Sedangkan untuk Cek Kondisi Power Supply ATX PC Dengan Cara Jumper ini dilakukan pada konektor catu daya yang memiliki 20 pin.

OK, tidak usah panjang lebar lagi, beginilah langkah-langkah Cek Kondisi Power Supply PC Dengan Cara Jumper. Power supply jangan sedang dalam keadaan tersambung pada daya listrik dan perangkat apa pun. 

Cek Kondisi Power Supply PC Dengan Cara Jumper

  • Siapkan sebuah kawat atau tembaga dari kabel bekas atau apa pun media yang bisa mengalirkan listrik, dengan ukuran tebal dan panjang yang secukupnya.
  • Perhatikan gambar di bawah. Masukan atau sambungkan salah satu ujung tembaga pada pin dengan kabel berwarna hijau, atau pin nomor 14.
Pin Konektor Catu Daya Power Supply ATX
  • Lalu masukan atau sambungkan ujung tembaga lainya pada salah satu pin dengan kabel berwarna hitam, atau pin nomor 3, 5, 7, 13, 15, 16 atau 17. Sehingga contoh hasilnya akan seperti berikut ini.
Cek Kondisi Power Supply PC Dengan Cara Jumper
  • Terakhir, sambungkan power supply dengan sumber listrik dengan konektor yang telah disediakan.
Jika kipas pada power supply berputar, maka power supply masih berfungsi, tapi tidak dijamin masih dalam keadaan yang baik 100%. Namun jika kipas pada power supply tidak berputar sama sekali, maka dapat dipastikan power supply tersebut sudah tidak layak pakai lagi. Mungkin masih bisa diperbaiki, namun jika setelah Cek Kondisi Power Supply PC Dengan Cara Jumper keadaanya sudah seperti demikian, power supply tersebut sebaiknya diganti dengan yang baru.

Artikel terkait : Cek Kondisi Power Supply PC Dengan Cara Jumper

Artikel Blog Regi Brader Lainnya :

6 komentar:

  1. Temen saya juga pernah ngetes pake cara ini mas, lebih mudah tanpa harus ngerakit komputernya dulu

    ReplyDelete
  2. Good info, sangat berguna. terima kasih. ternyata tombol powernya yang rusak, akhirnya komputernya masih bisa nyala walaupun harus bongkar cpu dulu.

    Silahkan mampir ya Ace Maxs obat herbal asam urat

    Semoga tetap semangat,sehat dan sukses.

    ReplyDelete
  3. maaf mas bro sayamau nanya..kenapa komputer saya susah hidup...apabilah kabel listrik d.power suplay di cabut..seperti contoh apabila kita main tiba-tiba mati lampuh..nah itu lama hidup atau susah hidup..tpi law d.matikan cara biasa tanpa mencabut kabel arus listrik power suplay atau bisa d.katakan shut down dgn cara biasa gak ada masalah..tolong pencerahanya mas bor n agan-agan

    ReplyDelete
  4. Thanks infony gan

    ikut share ya
    http://www.automationindo.com/article/299/tren-teknologi-kontrol#.VkVN9dLhB0s

    ReplyDelete
  5. Komputer setelah dimatikan lalu mau dihidupkan lagi ga mau hidup tp harus disimpan dulu lama baru mau hidup..knp ya?mohon petunjuknya.terima kasih

    ReplyDelete

Copyright © 2013-2016 Blog Regi Brader - All Right Reserved