Tentang Ilmu Komputer, Android, Panduan Blogging dan Tips di Internet.

Membuat Password Reset Disk Sebelum Lupa Password di Windows 7

Demi keamanan Sistem Operasi khususnya Windows 7 pada komputer, sebagian orang menerapkan password agar tidak sembarang orang dapat masuk dan mengoperasikan komputer. Penerapan password ini sangat baik digunakan, apalagi jika pada komputer tersimpan data-data penting yang ingin kita lindungi dari orang-orang iseng dan tidak berilmu yang ingin membuka komputer kita. Tentunya dalam penerapan password ini kita harus ingat betul dengan password yang kita buat, jangan sampai lupa.
Karena urusanya akan repot jika kita melupakan password, malah kita sendiri yang tidak bisa masuk ke sistem operasi Windows.

Password Reset Disk

Ada salah satu cara untuk mengantisipasi masalah lupa password pada Windows 7 ini, yaitu dengan membuat Password Reset Disk. Password reset disk ini bagaikan kunci cadangan ketika kita kehilangan kunci utama. Password reset disk ini akan menghasilkan sebuah file dengan nama dan ekstensi userkey.psw yang menyimpan password yang saat itu sedang digunakan. Jadi password reset disk ini dapat digunakan nanti ketika kita mengalami dan mengatasi masalah lupa password pada windows 7. Dan sesuai namanya password reset disk bekerja dengan mereset atau membuat ulang password baru. Maka jika sobat merasa seorang yang pelupa, saya sarankan agar segera membuat password reset disk ini.

Untuk membuat password reset disk ini caranya sangat mudah, silakan disimak.

Membuat Password Reset Disk di Windows 7

  • Masukan sebuah flashdisk pada komputer, karena password reset disk ini sepertinya hanya bisa dibuat menggunakan flashdisk.
  • Klik menu start atau windows.
  • Pada kotak pencarian  masukan kata kunci "password"
  • Terdapat daftar file dan pengaturan, pilih create a password reset disk.
Membuat Password Reset Disk di Windows 7
  • Akan muncul Forgotten Password Wizard dengan menampilkan ketentuan-ketentuan yang bisa sobat baca sendiri. Klik next.
  • Pilih drive yang akan kita gunakan untuk menyimpan file password reset disk. Pilih saja flashdisk yang sebelumnya sobat telah persiapkan. Klik next.
  • Masukan password yang saat itu sedang digunakan. Hal ini dilakukan sebagai bukti bahwa kita adalah admin atau salah satu pada SO Windows dan untuk menyimpan password tersebut. Klik next.
  • Proses pembuatan password reset disk pun mulai berjalan. Dan ketika selesai kita klik next.
  • Setelah itu kita masuk ke tahap Completing The Forgotten Password Wizard yang menampilkan keterangan bahwa pembuatan password reset disk telah selesai. Maka klik Finish.
  • Pada flashdisk yang kita gunakan akan terdapat file userkey.psw. Simpan baik-baik file tersebut pada storage device apa saja, namun ketika hendak digunakan maka file tersebut harus terdapat pada sebuah flashdisk.
File userkey.psw Password Reset Disk

Nah, begitulah cara-cara pembuatan password reset disk ini. Semoga bermanfaat bagi kita semua. Untuk cara penggunaanya mungkin akan saya bahas pada lain kesempatan.

Artikel terkait : Membuat Password Reset Disk Sebelum Lupa Password di Windows 7

Artikel Blog Regi Brader Lainnya :

7 komentar:

  1. Wah gawat juga yah kalau kita sebagai pemilik pc.y tidak bisa mengakses gara2 lupa password. hehe :)
    http://www.dailybloggerpro.blogspot.com/

    ReplyDelete
  2. nice info mas, buat jaga2 kalo lupa pawrd ini..

    ReplyDelete
  3. bisa digunakan untuk komputer lain gak bang?

    ReplyDelete
  4. Password yang saat itu maksudnya password yg udh kita lupakan? Kan udh lupa gimana mau masukinnya, sama aja dong mas...mhin oenjelasnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kita harus membuat password reset disk sebelum melupakan password nya..

      Delete
  5. ketika belum buat password reset disk dan sudah lupa password yang diguanakan. tamatlah sudah gitu bukan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sob, ketika lupa password dan tidak sempat buat password reset disk, maka cara ini tidak akan berhasil. Tetapi saya yakin masih ada cara lain, silakan terus mencari

      Delete

Copyright © 2013-2016 Blog Regi Brader - All Right Reserved