Tentang Ilmu Komputer, Android, Panduan Blogging dan Tips di Internet.

Cara Sharing Sumber Daya Printer di Windows 7

Sharing sumber daya printer bertujuan agar sebuah printer dapat digunakan oleh lebih dari satu komputer. Dalam sharing sumber daya printer tentunya tidak bisa asal tersambung dan tinggal pakai saja, ada langkah-langkahnya. Setiap sistem operasi yang berbeda, langkah-langkah sharing sumber daya printer pun akan berbeda atau agak berbeda. Nah, untuk kali ini saya akan membahas langkah-langkah sharing sumber daya printer pada Windows 7 saja. Namun yang terpenting adalah sebelum anda melakukan sharing sumber daya printer, yang pertama dilakukan adalah membuat sebuah jaringan komputer agar antara komputer dengan komputer yang lain terjadi hubungan atau koneksi.

Sharing Sumber Daya Printer di Windows 7

Banyak cara yang bisa sobat gunakan dalam membuat sebuah jaringan komputer, contohnya Jaringan Komputer LAN dengan Topologi Star. Silakan terlebih dahulu anda membuat sebuah jaringan komputer.
Nah jika sudah membuat jaringan komputer, barulah anda dapat memulai untuk sharing sumber daya printer.
Namun sebelumnya, pastikan  setiap komputer telah menyala dalam segala kegiatan sharing. Masuk Control Panel >> Network and Internet >> Network and Sharing Center >> Change Advance Sharing Setting.

Cara Sharing Sumber Daya Printer di Windows 7
 

Cara Sharing Sumber Daya Printer di Windows 7

Pada komputer yang bertindak sebagai server

Pada komputer yang terhubung dengan printer / yang akan membagikan sumber daya printer, lakukan beberapa pengaturan untuk membagikan sumber daya printer pada komputer lain.
  • Pastikan driver printer telah terinstal pada komputer.
  • Pastikan printer berada dalam keadaan aktif atau menyala.
  • Klik Start dan pilih Devices and Printers.
  • Pada bagian Printer and Fax, klik kanan pada Printer yang akan di-sharing-kan, dan pilih printer properties.
  • Pada printer properties, masuk ke menu sharing, centang bagian Share This Printer, klik Apply dan klik OK.
Cara Sharing Sumber Daya Printer di Windows 7

Pada komputer yang bertindak sebagai client

  • Komputer yang akan menerima sharing printer dari komputer server, lakukan beberapa pengaturan untuk menerima sharing printer yang telah dilakukan oleh komputer server.
  • Klik Start dan pilih Devices and Printers.
  • Pada halaman Devices and Printers, klik Add a printer.
  • Pilih dari mana asal printer yang akan ditambahkan, yaitu Add a network, wireless, or Bluethooth printer.
  • Akan terjadi proses pencarian printer. Setelah ditemukan pilih printer yang anda kehendaki (printer dari sharing komputer server) dan klik next.
  • Akan muncul pesan Successfully added (Nama Printer) on (Komputer Sever), tandanya penambahan printer telah berhasil dilakukan. Klik Next.
  • Untuk mengakhiri, klik Finish.
Cara Sharing Sumber Daya Printer di Windows 7
  • Atau jika ingin menguji langsung hasil sharing printer, klik Print a Test Page. Nantinya printer akan mencetak kertas bertuliskan Windows, Printer Test Page. Congratulations! Bla bla bla,... sampai satu halaman penuh.
Selesai. Sekarang satu printer yang terhubung dengan komputer server telah dapat digunakan oleh lebih dari satu komputer client.

Jika pada langkah nomer 4 atau pada tahap proses pencarian printer tidak ditemukan, dan anda yakin telah melakukan langkah-langkah sebelumnya dengan benar, maka coba cara berikut.
  • Tekan Tombol Start+R. Ketikan \\(IP Address Server/komputer yang terhubung dengan printer), dan klik OK.
  • Akan muncul Nama Device Printer yang terhubung dengan komputer server. Double klik, dan sistem akan melakukan proses penambahan printer.

Artikel terkait : Cara Sharing Sumber Daya Printer di Windows 7

Artikel Blog Regi Brader Lainnya :

5 komentar:

  1. Untuk Anda yang ingin kursus komputer tapi tempat kursus komputer nya jauh??, nahh, solusinya bisa kursus di asianbrilliant.com, kursus komputer via online. Bisa kursus dimana saja dan kapan saja tanpa harus datang ke tempat.Silahkan kunjungi websitenya di http://www.asianbrilliant.com atau hubungi telp 0857 1951 8401

    ReplyDelete
  2. kalau komputer server mati printer masih bisa sharing atau nggak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah tidak bisa sob. Komputer yang bertindak sebagai server atau yang membagikan sumber daya komputer harus dalam keadaan hidup ketika printer akan digunakan oleh komputer klien..

      Delete

Copyright © 2013-2016 Blog Regi Brader - All Right Reserved